Bonsai Amplas / Rempelas (Ficus ampelas)

.Bonsai Amplas / Rempelas (Ficus ampelas) 
adalah tumbuhan kayu yang bisa  dijadikan sebagai  bonsai ampelas

Bonsai Amplas / Rempelas (Ficus ampelas)
SukaBonsai - Bonsai Amplas atau Rempelas atau Rampelas adalah tumbuhan dari keluarga Moraceae yang tingginya sampai 20 meter dengan gemang 50 cm, tumbuh di seluruh Indonesia, tersebar pada ketinggian kurang dari 1.300 m dpl.Kebanyakan dalam bahasa Sunda dan Melayu disebut Hampelas dan dalam bahasa Jawa Rampelas atau Rempelas atau Amplas. 








Batang dari pohon hampelas berdiri tegak, bulat, dan mempunyai percabangan simpodial. 
Daunnnya tunggal, berseling, lonjong, tepi bergerigi. Daun hampelas teksturnya kasar dan jika kering bisa dijadikan sebagai ampelas untuk menghaluskan permukaan kayu. 

Banyak dari para penggemar bonsai yang menjadikan tanaman amplas ini sebagai tanaman bonsai amplas atau bonsai rempelas.

Bunganya mempunyai panjang 5-7 mm, berwarna hijau kecoklatan, dan kelopaknya berbentuk corong. Sedangkan bijinya berbentuk bulat dan berwarna putih. Hampelas ada yang dibudidayakan karena kegunaan daunnya, ada juga yang tumbuh dengan sendirinya. Cairan dari tumbuhan ini dapat diminum, berguna untuk pengobatan orang yang mengalami kesulitan mengeluarkan air kencing dan sebagai obat murus/mencret. 

Hampelas mengandung air, berwarna cokelat kekuningan dan rasanya pedas. 
Cairan ini dapat diperoleh dengan cara memotong akar dan airnya ditampung dalam bejana kecil.






Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Hampelas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel