Festival Bonsai Indonesia Di Sanur

Festival Pameran Bonsai Nasional di Bali

Festival Bonsai Indonesia Di Sanur
SukaBonsai - Festival bonsai Indonesia hadir di Sanur, Denpasar, Bali. Banyak peserta dan penggemar bonsai hadir dalam acara pameran sekaligus sebagai ajang jual beli bonsai.







Kontes bonsai di Sanur, Bali diikuti lebih dari 1.000 pohon bonsai berbagai bentuk dan ukuran mulai, dipajang di halaman luas di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar. Ini memeriahkan Indonesia Horticultura Festival 2011, yang bakal dimulai 19 November hingga 22 November.

Peserta kontes bonsai ini berdatangan dari komunitasnya di seluruh Nusantara. Berbagai bentuk serta berdasarkan kategori prospek hingga bintang, semuanya ada.
Belum mulai pameran pun, sudah ada transaksi lebih dari Rp 200 juta.

Ketua Panitia dan perwakilan komunitas penggemar bonsai Bali, Made Kari, menyebutkan, peserta expo berasal dari berbagai daerah seperti NTB, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan lainnya. "Kegiatan ini untuk lebih menggairahkan bisnis bonsai sekaligus mengapresiasi karya-karya pembuat bonsai," ujar Kari.

Usia tanamannya, lanjut Kari, rata-rata sudah 15 tahun atau lebih. Adapun jenis tanaman yang biasa dibuat bonsai diantaranya beringin, mustam, santigi, serut, amplas, dan ulmus.

Ada juga bonsai Apel Syauci. Buahnya mirip apel merah dan bisa dimakan. Hanya saja ukurannya mini kira-kira seperti tutup botol air mineral dari samping. 
Bonsai ini bisa hidup di mana saja, asal cukup sinar matahari itu lebih baik.





Sumber: http://regional.kompas.com/read/2011/11/14/18481197/1.000.Bonsai.Dipajang.di.Sanur