Bonsai Murbei ( Morus alba )


Bonsai Murbei atau Bonsai Morus alba atau Bonsai Besaran

Bonsai Murbei ( Morus alba )
Murbei atau Murbai atau Besaran adalah jenis tanaman buah-buahan yang banyak ditemukan didaerah Indonesia. Pohon Murbei atau Besaran memiliki buah sperti anggur namun sangat rapat kecil-kecil. Banyak para penggemar bonsai menjadikan tanaman murbei atau besaran atau murbai ini menjadi tanaman yang mempunyai nilai seni dan jual tinggi yaiitu dengan cara menanam serta merawat tanaman ini menjadi Bonsai Murbei atau Bonsai Besaran atau Bonsai Murbai  




Buah dan Daun Bonsai Murbei /
Bonsai Besaran / Bonsai Murbai / Bonsai Morus alba
Bebesaran atau murbei (Latin: Morus) adalah sebuah genus yang terdiri dari 10–16 spesies pohon tertentu yang asli berasal dari daerah panas sedang dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika.  Mayoritas spesies asli berasal dari Asia. 

Bakalan Bonsai Murbai - Bonsai Morus alba

Salah satunya yang terkenal adalah di desa Andaleh, kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang telah mencapai usia lebih dari 120 tahun.Bebesaran tumbuh cukup cepat pada saat masih muda, namun kemudian tumbuh lambat dan tingginya jarang melebihi 10-15 m. 

Bonsai Murbai - Bonsai Morus alba_1

Daun bebesaran merupakan daun sederhana berbentuk cuping dan menggergaji di bagian tepi. Buah murbei merupakan buah majemuk dengan panjang 2-3 cm, berwarna merah bila masih mudah dan ungu tua bila ranum, dan dapat dimakan.
Bonsai Murbai - Bonsai Morus alba_2

Bonsai Murbei ( Bonsai Morus alba ) Bonsai Murbai / Bonsai Besaran


Bebesaran terutama terkenal karena dedaunannya digunakan sebagai makanan ulat sutra. Selain itu, andalas (Morus macroura), salah satu spesies bebesaran, sering digunakan kayunya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.





Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bebesaran