Pembuatan Bibit Bonsai Asem Jawa

  Pembuatan Bibit Bonsai Asem Jawa

Pembuatan Bibit Bonsai Asem Jawa
Bonsai asem jawa / asam jawa memang sangat mudah dibudidayakan. Namun ketika kita hanya mengambil bakalan bonsai dari alam / sudah besar maka akan sulit untuk membentuk sesuai dengan keinginan kita.
Sebagai pecinta bonsai tentu ada banyak cara yang anda bisa lakukan untuk membuat bonsai yang bisa terlihat indah.
Untuk membuat bonsai tidak hanya mengambil bakalan bonsai saja, namun anda melakukan pembuatan bibit bonsai dengan mudah. Pembuatan dan penyemaian bibit bonsai asem jawa bisa dengan mudah anda tanam dalam berbagai media dan cara tanam. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai menamam bibit bonsai asem jawa yang mudah dan cepat besar.

1. Pertama yang perlu anda siapkan tentunya bibit asem jawa. Biji asem jawa yang sudah anda dapatkan dari pohonnya langsung tentunya harus sudah siap disemai/berumur tua/masak dipohon.

2. Kedua, biji asem jawa direndam dalam air selama 1 minggu dalam keadaan terbuka dalam mangkuk atau baskom. Perendaman ini dimaksudkan agar cangkang biji asem yang tebal dan keras itu bisa mengelupas dari bijinya.

3. Ketiga, setelah perendaman air selesai angkat biji asem tersebut, kemudian berilah cairan/pupuk tanaman (saran saya merk pupuknya : "DGROW"  yang untuk jenis tanaman) setelah semuanya biji asem sudah direndam dengan pupuk, barulah siapkan media tanam dengan media yang gembur : tanah+pupuk kandang+pasir+kompos

4. Keempat, tanam biji asem jawa dalam polibek atau pot.
(jangan terlalu dalam menanamnya) Tunggu selama kurang lebih satu minggu maka biji-biji asem jawa yang anda tanam akan mulai berkecambah..

Note: Pengalaman yang sudah saya praktekan sendiri. Semoga bermanfaat untuk kita semua... :-D