Pameran Bonsai Universitas Jember 2016

Pameran Bonsai Universitas Jember 2016 - Suka Bonsai
Pameran Bonsai di Universitas Jember 2016
Pameran bonsai di Universitas Jember telah selesai, pameran bonsai ini di buka langsung secara resmi oleh Rektor Universitas Jember karena pameran Bonsai tingkat nasional kelas regional dan madya di lapangan parkir utara gedung Soetardjo Universitas Jember. Acara yang merupakan rangkaian kegiatan dari Pekan Inovasi Indonesia yang digelar oleh Universitas Jember ini diikuti oleh 250 kontestan dari berbagai kota.


Dalam sambutannya Moh. Hasan Rektor Universitas Jember mengatakan, bonsai merupakan salah satu bentuk usaha ekonomi kreatif yang tidak banyak dilakukan oleh masyarakat. Kerena menurutnya, tanaman yang semula hanya bernilai puluhan ribu setelah mendapatkan perlakuan dan perawatan bisa bernilai puluhan juta bahkan ratusan juta.

Menurut Rektor Universitas Jember “Ada nilai seni dalam sebuah tanaman bonsai, banyak orang bisa menanam pohon namun untuk membuat sebuah bonsai tidak hanya cukup bisa menanam saja. Namun,  untuk mendapatkan bonsai yang bagus butuh perawatan dan perlakuan yang serius,” ujarnya.

Rektor mengatakan, acara pameran Bonsai bisa menjadi inspirasi bagi masyarkat yang hendak menggeluti usaha kreatif dalam bidang tanaman. “Acara ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat luas karena bonsai memiliki nilai ekonomis yang cukup bagus dan menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Bisa jadi masyarakat yang awalnya sekedar hobi berubah menjadi bisnis setelah melihat potensi pasar bonsai yang cukup bagus,” pungkasnya. Senada dengan rektor, Ahmad Nafi ketua panitia pameran mengatakan, potensi pasar bonsai masih sangat besar.

“Bisnis tanaman bonsai masih sangat menjanjikan harganya pun cukup fantastis bahkan salah satu bonsai yang dipamerkan seharga 180 juta. Peminat bonsai masih cukup besar dimana mereka hanya sebatas penikmat dan sekedar menyalurkan hobi saja, sementara para pelaku usahanya masih sangat terbatas,’ ujarnya. Ahamad Nafi mengatakan, Universitas Jember bersama Komunitas Pecinta Bonsai Jember terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat dalam membuat Bonsai. 

Nah, mari kita berdayakan pertanian sekaligus hoby bonsai ini yang tak hanya sekedar menjadi hiasan rumah atau taman, namun juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi empunya bonsai. Nantikan pameran bonsai Nasional dan Regional selanjutnya. 





Sumber : https://unej.ac.id/?p=8051