Cara Membuat Bonsai Kembang Sepatu

Cara Membuat Bonsai Kembang Sepatu - Suka Bonsai
Suka Bonsai - Cara Membuat Bonsai Kembang Sepatu
Bunga Kembang sepatu atau dalam bahasa latin disebut Hibiscus rosa-sinensis L merupakan tanaman bunga yang biasa hidup disemak-semak atau biasa sengaja ditanam sebagai tanaman pagar. Nah bagaimana kalau jenis tanaman bunga kembang sepatu ini kita buat bonsain kembang sepatu ?




 Sebenarnya kembang sepatu memiliki bentuk daun yang umumnya lebar dan memiliki bunga yang lebar. Namun untuk batangnya memiliki bentuk yang unik dan tekstur batang atau kulitnya sangat unik seperti tekstur batang bonsai lainnya.

Sebelum membuat bonsai kembang sepatu kamu harus tahu bagimana cara membuat bonsai kembang sepatu. Dan kamu bisa melihat referensi bonsai kembang sepatu di beberapa foto-foto bonsai kembang sepatu berikut :

Proses Pengawatan Ranting Bonsai Kembang Sepatu - Suka Bonsai
Bunga kembang sepatu memiliki 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.

Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Di daerah tropis atau di rumah kaca tanaman berbunga sepanjang tahun, sedangkan di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

Proses Pembuatan Akar Bonsai Kembang Sepatu - Suka Bonsai
Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.


Bonsai Kembang Sepatru Yang Sedang Berbunga








Sumber: Wikipedia