Cara Menanam Lumut Hijau Untuk Bonsai

Cara Menanam Lumut Hijau Untuk Bonsai
Cara Menanam Lumut Hijau Untuk Bonsai
Bagaiman cara menamam lumut di bonsai? Pertanyaan yang banyak banget ditanyakan oleh penggemar bonsai, karena semakin hijau lumut yang tumbuh dibagian bonsai dan pohon bonsai, maka semakin indah dan eksotis untuk dilihat seolah bonsai nyata yang sedang dialam bebas di hutan belantara. Sebenarnya untuk menanam lumut hijau di pot bonsai atau di batang pohon bonsai sangat mudah. Tapi kita harus tahu terlebih dahuu dimana cara mencari lumut hijau untuk bonsai. Berikut simak cara mencari lumut bonsai hijaunya :


Cara Mencari Bibit Lumut Hijau di Alam 
Seperti kita mencari bakalan bonsai, mencari lumut hijau kita perlu langsung mencarinya dialam bisa dihutan, pegunungan. Biasanya lumut hijau tumbuh di dataran tinggi atau daerah yang sangat tropis atau lembab. Lumut hijau biasanya tumbuh menempel pada pohon yang sudah tua dan biasanya juga tumbuh diantara bebatuan yang berada dibawah pohon atau sepanjang aliran sungai. Lumut kayu atau lumut hijau juga bisa ditemukan pada batang-batang kayu atau pohon. 
Cara Mencari Bibit Lumut Hijau di Alam 


Cara Mendapatkan Bibit Lumut Hijau
Untuk mendapatkan langsung bibit lumut hijau dari alam, hal yang perlu kamu persiapkan adalah alat penyongkel seperti cetok tukang, skrup atau alat sejenisnya. Cari lumut hijau yang sudah tebal dan terlihat sangat hijau karena nantinya akan sangat mudah dicongkel dan ditanam kembali pada pot bonsai. Pastikan setelah mengambil lumut hijau di pohon dan lumut hijau dibatu simpan pada wadah yang terisi sedikit air untuk mengurangi penguapan air pada lumut.

Cara Mendapatkan Bibit Lumut Hijau

Cara Menanam Lumut Hijau di Bonsai
Untuk menanam lumut hijau kamu bisa mengggunakan media tanam bonsai misalnya pasir, tanah atau kompos. Tempatkan lumut pada posisi diatas media tanam bonsai, jangan terlalu dalam untuk menanamnya. Pastikan penanaman pertama kali letakkan pada tempat yang sedikit tersinari matahari. Setelah sekitar 2-3 hari keluarkan bonsai atau lumut pada ruang terbuka.

Cara Menanam Lumut Hijau di Bonsai


Perawatan Lumut Hijau Bonsai
Untuk perawatan lumut hijau caranya cukup mudah, lumut hijau harus selalu terkena sedikit sinar matahari dan sering disemprot dengan air 1-2 kali sehari. Karena lumut bonsai memang harus selalu disiram dengan semprotan air untuk mengurangi kekeringan dan selalu menjaga kelembaban lumut pada bonsai.
Lumut Hijau di Bonsai

Lumut Hijau di Pot Bonsai


Nah sedikit tips cara menanam lumut bonsai ini mudah-mudahan bisa menjadi referensi untuk kita semua ya.