5 Bakalan Bonsai Klampis Ireng / Hitam

Gambar. Pohon 5 Bakalan Bonsai Klampis Ireng / Hitam
Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang berburu bakalan bonsai klampis ireng / hitam. Nah, berikut saya kasih beberapa penampakan bakalan bonsai klampis hitam yang bisa jadi referensi buat sobat pencinta bonsai Indonesia.


Tapi sebelum sobat suka bonsai lihat gambarnya, mending kita bahas dulu apa itu bonsai klampis. 

Pengertian Pohon Klampis

Klampis atau dalam bahasa biologinya Acacia Tomentosa adalah salah satu jenis pohon kayu-kayuan dari suku Fabaceae. 

Apa itu Fabaceace ?

Yaitu salah satu jenis pepohonan yang berbuah polong-polongan yang biasa hidup dan tumbuh di hutan tropis seperti Indonesia. Pohon yang daunya mirip asem jawa ini, tersebar di beberapa negara di Asia Tenggara dan India. 

Manfaat Kayu Klampis

Seperti informasi yang bersumber dari Wikipedia, Klampis dipelihara untuk dimanfaatkan kayunya sebagai kayu bakar. Kayu ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat gagang cangkul dan tangkai sabit. Kayu A. tomentosa tergolong ke dalam kayu yang berbobot sedang, dengan densitas 580–670 kg/m³ pada kadar air 15%.

Kulit batangnya pahit dan berbau tak enak, dimanfaatkan sebagai obat kuda. Serat dari pepagan ini sangat liat dan digunakan untuk membuat tali atau tambang. Getahnya dimanfaatkan untuk membuat tinta.

Tunas dan daun-daun mudanya disenangi ternak, walaupun berduri. Di samping itu, dedaunan ini dapat dijadikan pupuk hijau.

Gambar Bonsai Klampis

Berikut ini beberapa gambar pohon kayu klampis yang dijadikan bonsai oleh beberapa pecinta bonsai di Indonesia. Dari beberapa foto atau gambar ini mungkin bisa menambah informasi untuk para sobat bonsai yang masih penasaran dengan bentuk dan ciri-ciri bonsai klampis ireng ini.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel