Bonsai Loa ( Ficus Racemosa )

Bonsai Loa ( Ficus Racemosa )

Bonsai Loa ( Ficus Racemosa )
Loa atau Ficus racemosa (syn. Ficus glomerata Roxb) nama binomial  adalah jenis spesies tanaman dalam keluarga Moraceae. Pohon Loa ini dikenal sebagai Cluster Fig Tree atau Goolar (gular). Loa banyak adalah tumbuhan asli yang banyak dijumpai  di Australia, Malesia, Asia Tenggara dan benua India. Di Indonesia sendiri banyak sekali dijumpai di beberapa daerah hutan tropis dan banyak juga yang hidup di rawa, sungai dan kali. Karena pohon Loa ini banyak sekali mengandung air.


Di India pohon Loa dan buahnya disebut gular di utara dan selatan India. Buah tanaman Loa adalah makanan favorit monyet di daerah hutan. Dan di daerah Australia Utara, buah dan bunga Loa sebagai tanaman pangan bagi ulat kupu-kupu.

Daun Bonsai Loa 
Buah dan Pohon Loa
Bonsai Loa

Bonsai Loa - 2


Bonsai Loa - 3
Bonsai Loa - 3



Pohon Loa juga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman rindang serta bagi penggemar bonsai, pohon Loa banyak dijadikan sebagai bakalan bonsai loa. Bonsai Loa sendiri saat ini sangat populer dikalangan pecinta hoby bonsai tanah air. Bonsai Loa bisa mencapai jutaan bahakan puluhan juta jika memiliki kriteria bonsai loa yang baik, serta kriteria lainnya.








Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Ficus_racemosa