Pameran Bonsai Regional Di Sragen

Pameran Kontes Bonsai Regional Di Sragen

Pameran Bonsai Regional Di Sragen
SukaBonsai - Berbagai jenis bonsai dan kriteria bonsai yang dipamerkan di Sragen menyedot para penggemar bonsai Regional untuk menyaksikan sekaligus mengikuti kontes bonsai  yang diselenggarakan di Sragen. 








Sebanyak 158 bonsai tanaman dari berbagai jenis dipamerkan di halaman Kantor Dinas Bupati Sragen. Bonsai tanaman senilai jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah dipajang dalam pameran tingkat regional bertajuk ‘Selaras Nuansa Bumi Sukowati’.

Bupati Sragen Meninjau Kontes Bonsai
Pameran yang diikuti ratusan peserta dari sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur itu bakal dibuka secara resmi oleh Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman. Untuk kegiatan pra pameran dilakukan penilaian oleh tiga orang anggota tim penilai.







Tiga orang tersebut adalah Edi Supriyanto, perwakilan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Karanganyar, Mugiyo Winarno, perwakilan PPBI Yogyakarta dan Supriyanto, perwakilan PPBI Ponorogo, Jatim. Selama penilaian tiga juri itu diawasi oleh seorang dewan juri, yakni Sarno Kasasih, dari perwakilan PPBI wilayah Semarangraya.

Banyak jenis bonsai yang dipamerkan, mulai dari jenis tanaman impor sampai tanaman lokal. Beberapa spesies tanaman lokal yang dibonsai antara lain beringin, asem, serut, loa, lampis, antri putri dan tanaman lainnya. Sedangkan jenis tanaman impor seperti Okiantea, phusu, lohansong dan universianosis.

Kriteria bonsai dalam penilaian bermacam-macam. Yang jelas bonsai yang dinilai memiliki makna tersendiri dan terkandung nilai seni. Beberapa hal yang dinilai berupa gerak dasar atau komposisi, penampilan, keserasian, keharmonisan dan seterusnya,” ujar Edi Supriyanto.

Menurut dia, bonsai yang dipamerkan ini berumur minimal lima tahun sampai puluhan tahun. Dia menerangkan tapi juga ada bonsai yang terlihat berumur tua tapi sebenarnya kurang dari lima tahun. Kemampuan memproses bonsai, terang dia, dimiliki oleh seniman bonsai yang berpengalaman.





Sumber: solopos.com/2012/05/22/pameran-bonsai-wow-ada-bonsai-senilai-ratusan-juta-187515