Pameran Bonsai 2014 Di Yogyakarta

Pameran Bonsai di Yogyakarta 2014
Pameran Bonsai 2014 Di Yogyakarta
Kabar gembira bagi para penggemar bonsai Nasional maupun Internasional. 
Informasi ini dikutip dari forum hobby terbesar di Indonesia forumhobbyindonesia.com. 
Dalam informasi tersebut akan diselenggarakan event pameran bonsai terbesar di Indonesia yang rencananya akan di adakan pada tanggal 18 – 21 Oktober 2014 di Yogyakarta. 
Acara ini diselenggarakan atas  kerja-sama antara Forum Hobby Indonesia (FHI) (http://www.forumhobbyindonesia.com)  yaitu sebuah forum diskusi seni bonsai online, dan Asosiasi Klub Seni Bonsai Indonesia (Aksisain), didukung oleh Keraton Yogyakarta, Museum Benteng Vredeburg, Dinas Pariwisata DIY dan Himpunan Pramuwisata DIY serta berbagai pihak lain; akan menyelenggarakan pameran bonsai akbar biennale seni bonsai pertama yang pernah diadakan di dunia dalam skala kolosal dan internasional !

“International Bonsai Art & Culture Biennale” dengan tema “When Art and Culture Meet Through Bonsai” akan diadakan di Yogyakarta, pada tanggal 18 – 21 Oktober 2014. Pameran ini akan menggabungkan bonsai, seni, budaya dan pariwisata secara internasional; yang akan dipartisipasi oleh delegasi berbagai negara dari seluruh benua dunia.

Pameran akan diadakan di Museum Benteng Vredeburg, dan acara “International Culture Night” akan diadakan di Keraton dengan berbagai acara seni dan budaya tradisionil dari berbagai negara tamu yang akan hadir dengan pakaian tradisionil daerah masing-masing. Kita juga akan makan malam bersama (Gala Dinner) sambil menonton pertunjukan sendratari Ramayana di Candi Prambanan dan merayakan HUT Yogyakarta dengan “258 Lanterns Night for Yogyakarta”, yaitu bersama-sama melepaskan 258 lantera ke udara.

Dalam acara bonsai tersebut tidak ada kontes, hanya pameran dengan berbagai piagam dari berbagai organisasi bonsai dunia, termasuk “Piala Raja” dari  Sultan Hamengku Buwono X, “Ismail Saleh Trophy”, “Saburo Kato Trophy”, “Iwasaki Trophy”, “Amy Liang Trophy”, ”WBFF Trophy”, “BCI Medal”, “China Trophy” dari Chinese Penjing Artist Association, “Ryuga Dragon Trophy”, “The Best Bonsai Display Trophy” dll. 

Ini adalah pemeran bonsai pertama dengan konsep yang berbeda, di mana setiap peserta bebas mengekspresikan ide-ide kreasi mereka mulai dari gaya sampai cara display yang unik, walau ada beberapa kriteria dasar yang harus dipenuhi. Bonsai yang dipamerkan harus melalui tahap seleksi yang ketat dengan kriteria yang akan ditentukan, sehingga bonsai yang terpilih akan memiliki nilai kebanggaan sebagai karya seni tinggi yang akan ditampilkan melalui buku ekslusif yang akan diterbitkan dan diedarkan ke seluruh dunia.

Selain acara bonsai, juga akan diadakan berbagai kegiatan seni budaya dan pariwisata menarik antara lain demo membuat batik, melukis, pameran patung, pameran foto Keraton, festival dolanan anak, festival jemparingan, festival gamelan, festival jamu tradisional, festival kuliner tradisional dan lain-lain. Juga akan diadakan acara menanam pohon bersama pada acara “Friendship Tree-Planting Picnic” sebagai wujud dari kepedulian kami terhadap gerakan penghijauan dan pelestarian lingkungan; parade andong & becak keliling kota untuk menikmati display bonsai di sepanjang Jl. Malioboro dan sebagainya.

Kami berharap, melalui acara ini, seni dan budaya Indonesia, khususnya Yogyakarta akan semakin dikenal di seluruh dunia; dan acara ini juga akan menjadi etalase perbonsaian Indonesia yang membanggakan, sekaligus menjadi kiblat dan barometer perbonsaian dunia!